Minggu, 07 Desember 2014

Kini HP Merambah Dunia Perangkat Bergerak



Seiring dengan trend mulai lesunya pasar laptop dan komputer, sebagaimana dilaporkan oleh International Data Corporation (IDC) bahwa pengiriman komputer ke seluruh dunia mengalami penurunan yang sangat signifikan, pada tahun lalu mencapai 315 juta unit lebih, pada akhir tahun ini kuantitasnya terjun bebas ke angka 295 juta unit, para pengamat juga memperkirakan bahwa jumlah itu akan terus menurun, terutama di bidang komputer dan desktop. Hal ini yang lalu mendorong produsen-produsen komputer di seluruh dunia mengalihkan target dan membidik pasar gadget bergerak.
Salah satu perusahaan besar yang telah lama malang melintang di dunia manufaktur komputer adalah HP (Hewlett Packard), prusahaan besar asal negeri paman sam ini telah melakukan ekspansi besar-besaran dengan merambah dunia perangkat bergerak. Bahkan pada peretengahan tahun ini secara resmi meluncurkan produk sabak digitalnya.
Masyarakat dunia secara luas lebih mengenal Hewlett Packard sebagai perusahaan yang memproduksi laptop, komputer dan printer, kini HP merambah dunia perangkat bergerak, sebagaimana yang dikatakan oleh kepala divisi konsumen Hewlett Packard di Indonesia T.Achilles, dahulunya HP hanya terbatas pada manufacturing laptop dan komputer, kini akan merambah dunia perangkat bergerak dan telah meluncurkan sebuah produk sabak digital yang di antaranya mengusung nama Bali.
Hewlett Packard sama sekali tidak gentar menghadapi pesaing-pesaing tersohor yang jauh lebih dahulu merambah dunia perangkat bergerak seperti Samsung dan Apple, pasalnya produk-produk HP yang telah diproduksi dan diluncurkan mempunyai ciri tersendiri yang membedakannya dari produk sejenis dari vendor-vendor lainnya.
Sebenarnya, tidak hanya Hewlett Packard saja yang telah mengalihkan bidikannya dari bidikan lama di dunia komputer dan laptop menuju ke bidikan baru di dunia gadget bergerak, Asuspun telah lama melakukannya, produk-produk smartphone Asus telah lama meramaikan dunia smartphone, dengan menggandeng vendor prosesor terkenal yaitu Intel, Asus kini memiliki nama yang lumayan disegani di dunia gadget smartphone.
Selain karena trend penurunan yang dialami oleh dunia komputer dan laptop, faktor naiknya trend penggunaan perangkat bergerak yang terus meningkat tahun demi tahun ikut membuat produsen-produsen komputer dan laptop tergiur merambah dunia ini, tahun ini saja diperkirakan 19,3% pasar smartphone mengalami peningkatan dan akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.
Berita tentang HP merambah dunia perangkat bergerak banyak diberitakan di media massa luar dan dalam negeri, nampaknya HP akan menjadi pesaing serius vendor-vendor lama di dunia perangkat bergerak di tahun-tahun yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar